Posted by : Mustamar Kamis, 20 Oktober 2016

 
ElementaryOS adalah distro linux yang diturunkan dari Ubuntu dan Linux Mint. Distro ini menggunakan desktop environment-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), web Browser Midori, dan Scratch (teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Window Manager, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager.

ElementaryOS tujuan awalnya adalah menyediakan paket aplikasi Ubuntu tetapi lama kelamaan berubah fungsi menjadi sebuah distro linux tersendiri. Sebagai turunan Ubuntu, ElementaryOS dapat menginstal aplikasi yang dimiliki oleh Ubuntu.

Distro Elementary OS Freya juga menggunakan software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun begitu software center elementary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibuat agar terlihat intuitif bagi pengguna-pengguna baru tanpa menggunakan banyak sumber daya dan desainnya serupa dengan sistem operasi OS X dari Apple.

Versi stabil pertama dari elementary OS adalah "Jupiter", diluncurkan pada Maret 2011 dan berbasis Ubuntu 10.10. Sejak Oktober 2012, versi ini tidak lagi didukung dan berarti juga tidak lagi bisa diunduh di situs resmi elementary OS.

review elementary os review elementary os freya review elementary os luna elementary os review 2015 elementary os beta review elementary os beta 2 review review elementary os luna

Pada bulan November 2012, versi beta pertama dari elementary OS bernama kode "Luna" dirilis, yang menggunakan Ubuntu 12.04 LTS sebagai dasarnya. Versi beta kedua dari "Luna" dirilis pada tanggal 6 May 2013, melakukan perbaikan dari 300 bug dan beberapa perubahan seperti peningkatan dukungan untuk berbagai localization, dukungan layar ganda dan pembaruan beberapa aplikasi.

Pada tanggal 7 Agustus 2013, jam hitung mundur muncul pada situs resmi elementary OS yang berakhir pada 10 Agustus 2013. Versi stabil kedua dari elementary OS, bernama "Luna", diluncurkan pada 10 Agustus 2013, dengan perombakan total dan desain ulang situs resminya. Nah, untuk sekarang versi stabil ketiga ElementaryOS sudah dirilis dengan codename "Freya" yang diturunkan dari Ubuntu 14.04 LTS tersedia untuk versi 32-bit dan 64-bit.

Kelebihan dari ElementaryOS :


  1. Desainnya elegan sebagaimana Linux Mint yang sama-sama diturunkan dari Ubuntu
  2. Ringan, tidak haus RAM
  3. Dukundan repository Ubuntu
  4. Aplikasi installer berupa file DEB sama seperti Linux Mint
  5. Basic command line-nya seperti Debian, Ubuntu, dan Linux Mint (sudo apt-get)
  6. Booting dan shutdown tergolong cepat

Kelemahan dari ElementaryOS :


  • Kustomisasi harus dilakukan sendiri dengan eksperimen sendiri karena minimnya forum/blog yang membahas ElementaryOS
  • Rentang waktu rilis versi finalnya terlalu lama
  • Tidak ada aplikasi office semisal LibreOffice yang diinstal secara default, harus install manual
 
sama seperti kita menginstall sistem operasi lainya. ada beberapa yang perlu di persiapkan antara lain :
  • File ISO image Elementary OS disini
  • Flashdisk Kapasitas Minimal 4 GB sebagai media Installasi
  •  CARA membuat FLASH DISK BOOT TABLE
  • Menyiapkan dua partisi di Hardisk, satu untuk sistem dan satunya untuk Swap
  • Laptop atau komputer dengan Spesifikasi standar dari ElementaryOS.
Spesifikasi Komputer atau laptop untuk ElementaryOS Freya
  • Prosesor dengan kecepatan 1GHz, 32-bit atau 64-bit
  • Memori RAM 1GB
  • Ruang kosong hard disk 15 GB
  • Akses internet (opsional)
Langkah-langkah Instalasi ElementaryOS :

sama seperti sistem operasi linux lainya yang kita perlukan adalah membuat USB INstaller atau istilah Kerenya LiveUSB untuk menjalankan ElementaryOS.
  1. Tancapkan Installer ElementaryOS ini ke port USB yang ada, jangan lupa Set Boot Priority ke FlashDrive yang anda Tanpapkan tadi
  2. kemudian dekstop kita akan mengantarkan kita pada dekstop elementaryOS seperti gambar di bawah ini.
  3. setelah itu Pilih Icon DVD yang bertuliskan Install ElementaryOS. setelah di pilih selanjutnya kita akan memilih bahasa yang kita kehendaki. seperti gambar di bawah ini
  4. Langkah berikutnya adalah pengecekan koneksi internet gan. Pilih I don’t want to connect wifi network right now jika tidak memiliki koneksi internet. Akan tetapi kalau punya koneksi internet melalui WiFi, bisa pilih opsi Connect to this network. Kemudian klik Continue.

  5.  Kebutuhan space harddisk mencukupi. Disarankan sebaiknya minimal 10 sampai 20GB. kemudian pilih Continue.
  6. Langkah berikutnya adalah tipe instalasi. Pilih saja Something else agar kita dapat menyesuaikan partisi mana yang akan diinstal sistem operasi Elementary OS 0.3 Freya. Kemudian klik tombol Continue.
  7. Langkah berikutnya adalah menentukan partisi dan di sini kita harus konsentrasi agar tidak salah memilih, Klik pada partisi yang telah disiapkan untuk instalasi sistem operasi Elementary OS 0.3 Freya kemudian klik tombol Change. Setelah itu pilih Ext4 journaling file system pada bagian Use as, beri tanda check atau centang pada bagian Format the partition, dan pada bagian Mount point pilih “/” seperti pada gambar dibawah.

    Proses Partisi
    Proses Partisi
  8.  Akan muncul peringatan yang berisi informasi bahwa kita nggak bisa “undo” proses ini. Jika memang sudah yakin untuk instalasi, langsing eh langsung saja klik Continue.
  9.  Langkah berikutnya adalah memilih zona waktu atau timezone. karena saya berada di WITA (Waktu Indonesia Tengah), maka saya memilih Makassar, klik Continue. Sesuaikan saja dengan zona waktu tempat tinggal Anda
  10. Langkah berikutnya adalah memilih layout keyboard. Jika menggunakan keyboard standar, pilihEnglish (US) kemudian klik Continue.
  11. Setelah itu akan muncul form yang berisi nama, username, dan password. Isi form-nya dan klik Continue.

  12. Proses instalasi sedang berjalan

Sampai disini proses Installasi ElementaryOS telah usai.

rivew dikit
 

{ 1 Comments... read them below or add one }

Copyright © MUSBLOG -- Powered by Blogger - Designed by MUSTAMAR