Posted by : Mustamar Senin, 07 Desember 2015

ass.wr.wb Untuk bro dan mabro yang masih baru dalam atau belajar dalam menggunakan ubuntu ataupun OS linux varian lainya, tentu saja masih belum bisa lepas dari program/software yang berbasis windows. Tapi apa daya, file executable yang berjalan di Windows tidak bisa berjalan begitu saja di Ubuntu. Kenapa? Ya karena OS nya saja sudah berbeda.. :D
Tanpa ba-bi-bi lagi, langsung saja ke pembahasan.

WINE adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). (sumber: wikipedia).
Tunggu sebentar, itu bukan WINE yang ada di ubuntu. Itu mah WINE minuman…
Oke, kembali ke jalan yang benar. Apa itu WINE? WINE merupakan kependekan dari WINE is Not Emulator. Iyah, sesuai dengan namanya WINE ini bukanlah emulator seperti ePSXe ataupun Game Boy Advance. WINE merupakan sebuat tools di Ubuntu yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi yang berbasis Windows tanpa harus menginstall Windows terlebih dahulu. Aplikasi yang sudah didukung pun sudah banyak, hampir sebagian besar aplikasi populer Windows bisa di jalankan menggunakan WINE ini. Untuk melihat aplikasi yang sudah didukung oleh WINE ini bisa dilihat di website nya langsung: http://www.winehq.org/.
“Aku pengen WINE di Ubuntu Aku, gimana caranya?”
Ouke, wajar saja bila muncul pertanyaan semacam itu. Untuk menginstal WINE sangatlah mudah. “Mudah itu gimana gan??”. Iyah, tanpa berpanjang berlebar lagi, kita mulai saja melakukan instalasi WINE ini.
Langkah pertama, pastikan kamu mempunyai PC/Laptop yang berfungsi dengan baik :D
Langkah kedua, pastikan juga di PC/Laptop kamu sudah terinstall OS Ubuntu. (iyalaah)
Langkah ketiga, pastikan PC/Laptop kamu sudah menyala dan terkonek ke internet.
Langkah keempat, buka Ubuntu Software Centre kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “WINE”. Setelah muncul hasil pencarian, klik tombol Install pada “Wine Windows Program Loader”. Kemudian tunggulah hingga proses instalasi selesai.


Setelah proses instalasi selesai, maka pada Main Menu (untuk Desktop manager GNOME akan ada panel main menu) akan muncul menu baru yang bernama “Wine” atau pada program list akan muncul ikon program baru yang bernama WINE dan kawan-kawanya. Tools-Tools tersebut berfungsi untuk melakukan konfigurasi terhadap WINE.

“Terus mau jalanin aplikasi Windows nya gimana??”
Haha, lagi-lagi muncul pertanyaan. Untuk menjalankan program Windows pada ubuntu, tinggal klik dua kali saja file EXE dari aplikasi Windows tersebut.
install-office-dengan-anggur 
Program wine-windows-loader 
contoh MS.office




                                          contoh winamp dari windows yang exe













terimah kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © MUSBLOG -- Powered by Blogger - Designed by MUSTAMAR