Posted by : Mustamar Selasa, 24 November 2015


unetbootin-0 Linux adalah sistem operasi gratis. Saat ini Linux menjadi semakin lengkap dan semakin mudah digunakan. Jika saat menggunakan Windows kita diresahkan oleh virus dan ketakutan akan sweeping, maka Linux bisa menjadi alternatif solusi untuk kebutuhan sistem operasi komputer yang gratis dan aman dari virus. Linux bebas didownload dan digunakan tanpa syarat dan batas waktu tertentu (trial).
Dalam perkembangannya, terdapat beberapa versi distribusi Linux yang kemudian disebut dengan Distro. Masing-masing distro ini mempunyai tampilan dan sistem yag berbeda-beda. Diantara banyak distro yang ada, terdapat beberapa distro yang populer seperti Ubuntu, Linux Mint, Fedora, OpenSuse dan lain-lain.
Untuk memilih satu distro yang cocok dengan komputer kita tidaklah mudah. Memang kita bisa memilih diantara beberapa distro populer, namun itu tidak menjamin akan pas dan cocok dijalankan pada komputer kita. Salah satu yang menjadi kendala adalah  dukungan driver untuk perangkat keras yang ada pada komputer kita.
Sering fitur-fitur bagus seperti Compiz tidak bisa berjalan karena VGA kita belum terinstal driver. Instalasi printer juga kadang merepotkan, karena membutuhkan proses instalasi yang agak rumit, tidak seperti pada Windows yang cukup dengan Next…Next… dan Next lagi sampai finish.
Sekarang jika kita mau mencoba sebuah distro, beberapa distro menyediakan mode Live CD yang bisa dijalankan tanpa harus menginstal Linux pada harddisk komputer kita. Namun agak repot juga jika harus membuat sekeping CD hanya untuk mencoba Live CD dari suatu distro. Mengapa, karena CD ini hanya bersifat percobaan jadi jika tidak sesuai akan dibuang/tidak dipakai lagi.
unetbootin-windows
Tampilan Unetbootin versi Windows
Unetbootin adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita membuat Live USB layaknya Live CD. Kelebihannya adalah bisa dihapus dan diganti dengan distro yang lain tanpa harus keluar biaya dan menimbulkan sampah (seperti jika kita membuat Live CD).
Proses pembuatan Live USB ini cukup mudah dan tidak perlu memformat flashdisk. Jadi data kita yang ada didalamnya bisa tetap aman tanpa perlu repot harus dipindah ke tempat lain. Untuk membuat Live USB kita cukup memberi ruang kosong sesuai dengan besarnya file iso yang akan kita transfer ke USB Flashdisk. Unetbootin bisa dijalankan pada Linux , MacOS dan Windows.
Berikut ini proses pembuatan Live USB dengan Unetbootin pada Linux Mint:
  1. Jika belum menginstal Unetbootin, silahkan download dan instal sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan.
    Download Unetbotin versi Windows disini. Download Unetbotin versi Linux disini. Download Unetbotin versi MacOS disini.
  2. Siapkan file ISO yang akan dibuat Live USB, sebaiknya didownload dulu dan ditaruh pada harddisk.
  3. Pasang USB Flashdisk dengan ruang kosong minimal sama dengan file ISO.
  4. Buka aplikasi Unetbootin, pastikan tampil seperti berikut ini.unetbootin-1
  5. Klik Disk Image, pilih ISO lalu Klik tombol … untuk browse file ISOunetbootin-2
  6. Pastikan Type = USB Drive dan Drive = Flashdisk yang akan dipakai. Note : Tampilan diatas adalah Unetbootin pada Linux Mint, untuk versi Windows pada kotak Drive dipilih sesuai dengan Drive letak Flashdisk, misalnya Drive F, G atau yang lainnya.
  7. Klik OK dan tunggu sampai finish.unetbootin-3
  8. Silahkan restart dan pilih boot dari Flashdisk. Note : untuk memilih boot option dari Flashdisk bergantung dari tipe masing-masing mainboard.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © MUSBLOG -- Powered by Blogger - Designed by MUSTAMAR